Surga : Dijaminkah manusia memasukinya..???!

Maret 9, 2009 at 8:09 pm 3 komentar

kabah0013

Beberapa hari kemarin terjadi pardebatan kecil di tempat kerja saya. Bukan tentang pekerjaan yang kami geluti selama ini, tapi menyangkut tentang agama dan kepercayaan. Dua orang teman kerja saya, mereka sedang berdebat tentang sebuah pertanyaan yang sebetulnya pertanyaan ini sudah jelas jawabnya dan merupakan sebuah pertanyaan yang mungkin sudah sering diperdebatkan. ” Ada jaminan ngga manusia masuk surga ?’ masalah itulah yang kemarin mereka berdua perdebatkan. Perdebatan itu sebenarnya diawali dari pembicaraan mengenai halal atau tidaknya rokok. Yang kemudian berlanjut dengan perdebatan dijamin tidaknya manusia masuk surga bagi manusia.  Saya kebetulan saat itu sedang menyelesaikan pekerjaan saya dan duduk menbelakangi mereka berdua. Sambil mengerjakan pekerjaan, saya diam – diam nguping percakapan mereka. Inilah sebagian percakapan mereka berdua,

” Menungso iku ga dijamin mlebu surgo, ga ono tulisan neng Al Quran sing njamin menungso mlebu surgo ! “ ( Manusia itu tak dijamin masuk surga, tidak ada tuliasn / ayat di Al Quran yang menjamin manusia masuk suga ! ), itu pendapat teman saya yang pertama, dilontarkan dengan tegas dan nada cukup keras.

” Mosok direwangi sujud nganti njungkir walik ga ono jaminan mlebu surgo ?!”

( Masa sudah sujud / sholat jungkir balik tidak ada  jaminan masuk surga ?!” ) teman saya yang menjadi lawan bicaranya menjawab dengan nada keras pula.

” Yo pancen ngono, meskipun sholat tenanan ya ga ono jaminan mlebu surgo. Ga ono tulisan ndek Al Quran sing menjamin manusia mlebu surgo ! ” ( Ya memang begitu, meskipun sholat sungguh – sungguh ya tidak dijamin masuk surga. Tidak ada ayat di Al Quran yang menjamin manusia akan masuk surga !” ) jawab teman saya.

Dan setrusnya…

Perdebatan terus berlanjut dengan serunya, saling bantah dengan argument masing – masing. Saya yang sedari tadi nguping pembicaraan mereka sebenarnya ingin juga menimpali dan terlibat dalam pembicaraan, tapi saya tahan karena saya belum mempunyai dasar ilmu yang cukup menyangkut hal yang mereka bicarakan. Saya takut akan salah bicara jika tanpa dasar ilmu yang kuat. Karena terlibat dalam pembicaraan yang menyangkut agama seperti ini haruslah mempunyai dasar ilmu yang kuat. Salah bicara berarti ikut menjerumuskan ke jalan yang salah pula dan tentunya dosa, itu menurut pendapat saya. Sambil nguping percakapan tersebut, saya iseng – iseng kirim SMS ke teman saya di Surabaya. Saya tanyakan masalah ini kepadanya karena saya tahu ilmu agama yang dimilikinya cukup mumpuni. Pertanyaan yang saya SMS-kan ke teman saya di Surabaya sama dengan yang diperdebatkan dua orang teman saya tadi. Dan inilah jawaban yang saya terima dari teman saya di Surabaya saat itu,

” Memang tidak ada ayat di Al Quran yang menuliskan langsung tentang jaminan masuk surga, tapi kalau ciri – ciri orang yang dijamin masuk surga itu ditulis, contohnya di surat Al Bayyinah. Tapi kalau di hadist Rosululloh pernah menyebutkan 10 sahabat yang dijamin masuk surga ”

Kemudian teman saya kirim SMS lagi,

” Semua mukmin yang mengucapkan syahadat itu pasti masuk surga, tergantung perhitungan amal mereka. Jika amal baik lebih banyak mungkin akan langsung masuk surga, tapi jika amal buruk lebih banyak ya mungkin akan mampir dulu ke neraka. Yang kekal di neraka itu hanya orang kafir dan musryik ”

Tenang rasanya hati ini setelah membaca jawaban itu. Memang, hasil akhir yang akan kita dapatkan tergantung dari bagaimana kita merintisnya. Amal baik sekecil biji sawi pun  akan tetap diperhitungkan pada akhirnya, begitu pula amal buruk sekecil apapun akan tetap diperhitungkan pada waktunya.

Entah bagaimana menyimpulkanya. Tapi dengan sepenggal jawaban dari teman saya diatas kita pasti tahu bagaimana harus memilih jalan. Di sisi lain setidaknya saya jadi lebih tahu dasar ilmunya untuk menjawab pertanyaan itu jika suatu saat pertanyaan seperti itu menghampiri saya.

Al Bayyinah ( Bukti )

1.  Orang-orang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang musyrik (mengatakan bahwa mereka) tidak akan meninggalkan (agamanya) sebelum datang kepada mereka bukti yang nyata,

2. (yaitu) seorang Rasul dari Allah (Muhammad) yang membacakan lembaran-lembaran yang disucikan (Al Quran),

3.  Di dalamnya terdapat (isi) kitab-kitab yang lurus[1594].

4. Dan tidaklah berpecah belah orang-orang yang didatangkan Al Kitab (kepada mereka) melainkan sesudah datang kepada mereka bukti yang nyata.

5. Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus[1595], dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus.

6. Sesungguhnya orang-orang yang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka jahannam; mereka kekal di dalamnya. mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.

7. Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.

8. Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah syurga ‘Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepadanya. yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya.

[1594]  yang dimaksud dengan isi kitab-kitab yang lurus ialah isi kitab-kitab yang diturunkan kepada nabi-nabi seperti Taurat, Zabur, dan Injil yang murni.

[1595]  Lurus berarti jauh dari syirik (mempersekutukan Allah) dan jauh dari kesesatan.

Dalam surat ini Alloh menerangkan bahwa ajaran Muhamad s.a.w. adalah ajaran yang benar dan agama yang dibawanya adalah agama yang lurus yang mencakup pokok – pokok ajaran yang dibawa nabi – nabi yang terdahulu.

Semoga kita akan terus belajar dan menjadi lebih paham.

Entry filed under: Cerita, Info, Jendela hati. Tags: .

Nilai Emas Mudah dapat Dollar di internet

3 Komentar Add your own

  • 1. boeloez  |  Maret 10, 2009 pukul 4:41 pm

    kurang kerjaan

    Balas
  • 2. Eko  |  April 22, 2009 pukul 7:39 am

    mau tau tentang kuamang kuning yang terbaru? kunjungi: http://amiliaputri.wordpress.com/

    Balas
  • 3. pa' dHe  |  Mei 11, 2009 pukul 3:06 am

    yO ga usah di bahas gA penTing

    Balas

Tinggalkan Balasan

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


KLIK DISINI ! DAPATKAN RIBUAN DOLLAR, GARTIS !!!

KoMpuTErMU

IP
Orang yang memiliki kesempatan membaca adalah orang yang bahagia. Karena dia bisa memetik bunga dari taman alam semesta, bisa berkeliling mengitari keajaiban dunia dan bisa melipat waktu dan tempat. ( La Tahzan )

Goresan terakhir

Blogbox
Average rating
Create your own Blogbox!

RSS Gangs Kapak Community

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Detik dot com

RSS Detik Bola

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip


